Minggu, 31 Maret 2013

Bahan dan Jasa Rujukan (Referensi)


BAHAN DAN JASA RUJUKAN
Apa yang dimaksud:
  1. Referensi
  2. Koleksi Referensi
  3. Pelayanan Referensi
  4. Pustakawanan Referensi
  5. Jasa referral
  6. Jasa pinjam antar perpustakaan


    • Secara bahasa  referensi dapat diartikan sebagai rujukan.

    • Koleksi referensi adalah koleksi yang memberikan penjelasan tentang informasi tertentu. Informasi ini bersifat menyeluruh  dalam lingkupnya; uraiannya padat, fungsinya memudahkan penemuan informasi dengan cepat, tepat dan benar. Koleksi referensi disusun dengan system tertentu: system alfabetis ( kamus, ensiklopedi), system kronologis ( ikhtisar), system table ( statistic), system wilayah ( atlas, peta ), dan system golongan-golongan ( bibliografi, handbook, almanak)

    • Pelayanan referensi adalah sebuah layanan dimana sumber-sumber referensi terseleksi disediakan oleh perpustakaan dimana pemakai dapat melihat dan bila perlu melalui bantuan pustakawan.

    •  Pelayanan referensi merupakan layanan yang disediakan oleh perpustakaan rujukan yang meliputi koleksi, fasilitas dan staf rujukan baik staf klerikal.

    • Pelayanan referensi yaitu sebuah istilah yang lebih sempit dari pelayanan perpustakaan dan pelayanan pemakai.

    • Pelayanan referensi pada dasarnya berarti menjawab pertanyaan yang diajukan oleh  pemakai dan memberikan informasi kepada mereka

    • Pustakawan referensi adalah penghubung antara pencari informasi dan sumber referensi (khususnya internet)

    • Pustakawan referensi adalah pustakawan yang bertugas membimbing dan mengarahkan pencari informasi guna membantu mereka dalam mencari informasi yang mereka butuhkan, salah satunya melalui internet.  

    • Jasa pinjam antar perpustakaan yaitu Bentuk kerjasama yang dilakukan karena pengguna perpustakaan lain tidak boleh meminjam koleksi perpustakaan lain. Sebagai gantinya maka perpustakaannya yang meminjamkan buku dari perpustakaan lain kemudian perpustakaan perpustakaan tersebut meminjamkan kepada pemakainya. Yang bertanggungjawab terhadap peminjaman buku tersebut adalah perpustakaan yang meminjam.

    • Jasa referal adalah jasa yang menyediakan rujukan untuk suatu bidang tertentu bagi ahli yang memerlukannya.

Daftar pustaka
Abdul, manar. 2009. Libria. Perpustakaan program pascasarjana IAIN Ar-Raniry : Banda Aceh
Jonner, Hasugian. 2009. Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. USU Press: Medan
Sulistyo, basuki. 1993. Pengantar Ilmu perpustakaan. Gramedia: Jakarta




Tidak ada komentar:

Posting Komentar